Selasa, 13 Maret 2018

My Trip My Adventure #Menembus Jalur Krakal Beach


Trip kali ini kita menuju...
Krakal Beach...
Sebetulnya merupakan rangkaian dari tadabur alam. Dalam rangka mendekatkan anak-anak dengan alam. Sekaligus para orang tua melakukan trip menantang menuju ke pantai tersebut.
Perjalanan yang tidak direncanakan sebelumnya biasanya malah lebih asyik dan meninggalkan kesan mendalam.

Di era kekinian kita sering kali menghubungkan dengan teknologi yang update. Nah kami mencoba untuk keluar dari jalur tersebut. Untuk penyelanggaraan pendidikan kami mengangkat alam sebagai media pembelajaran dalam keluarga kami. Di tengah teknologi yang semakin meraja anak-anak, kami mencoba menyeimbangkan dengan alam. Cara ini diharapkan dapat melatih anak-anak agar bisa lebih dekat dengan Tuhan sehingga tercipta pendidikan karakter yang bijak.

Dan inilah my trip my adventure kami....
Menembus jalur Krakal Beach....


Perjalanan dimulai dari Grogol Wonosari Gunung Kidul. Dengan bekal kendaraan seadanya kami mencoba menyusuri jalan alternatif melewati daerah Tepus.
Dengan harapan medan disana tidak terlalu menanjak dan curam. Dan juga tidak padat oleh kendaraan lain.

 https://www.google.co.id

Ini adalah salah satu jalan alternatif menuju ke Krakal Beach. Menurut info jalur ini tidak padat dan tidak begitu menanjak dibanding jalan lain menuju ke sana.
Mengingat kendaraan kami hanya memiliki nafas tua, sehingga harus mencari jalur yang paling minim resiko menanjak yang terlalu curam.
Nafas tua semangat muda, yaaa begitulah moto kami. Dan yang jelas modal kami adalah semangat untuk anak-anak menuju Krakal Beach. Walau harus mencari jalur yang memungkinkan kami untuk bisa sampai di sana.

Anak-anak pun sudah kami persiapkan mental sebelum berangkat, sehingga tidak rewel ketika kami mendapati jalur yang kurang bersahabat.
Kami berangkat beramai, lima dewasa, dan enam anak-anak. Sepertinya kendaraan sarat muatan. Ah kami tidak begitu peduli, karena kami sudah siap yang akan terjadi di jalur menuju kesana. Mendorong dan mengganjal kendaraan dengan batu sudah kami bayangkan sebelumnya. Wooow sepertinya cukup menantang bak uji nyali di televisi. Terutama untuk driver tercinta...pakne anak-anak, kalau bisa menembus jalur ini SIM nya dapat predikat A plus. Dan para bodyguard yang super strong...kalian hebaaat.
Yang pasti anak-anak jadi motivasi kami. In sya allah jalur alternatif ini bisa kita tembus bersama. Demi memfasilitasi belajar anak-anak, untuk bertemu dan berkenalan dengan sahabat alam mereka...beach....

Subhanallah...
Apa yang kita bayangkan sebelumnya benar. Beberapa tanjakan yang lumayan terlihat di depan. Beraksilah driver dan para bodyguard. Alhamdulillah ada beberapa pengendara motor yang tengah lewat rela turun dan menolong kami mendorong kendaraan.

Satu...dua...tiga...empat...tanjakan demi tanjakan kami lewati dengan penuh perjuangan.
Dan akhirnya....
Bertemulah kami dengan yang kami tuju....
Yaaa benar ituuu....Krakal Beach...


Alhamdulillah akhirnya sampai juga kami disini. Tempat dimana keindahan alam terhampar di depan mata.
Ah sejenak mari kita lupakan jalur penuh perjuangan itu. Mari kita ajak anak-anak untuk belajar. Belajar banyak hal bersama alam. Yang kaya makna.


Nikmatilah keindahan Krakal Beach anak-anak....belajarlah banyak hal disana...pasir, ombak, kalian juga bisa bercanda dengan ikan-ikan kecil...Subhanallah....
Dengan alam semoga kalian bisa jadi pribadi yang kreatif, bisa bekerjasama, shaleh dan shaleha, pandai bersyukur, serta sayang terhadap sesama dan makhluk lain disekitarnya. Aamiin Yaa Rabb.

Untuk perjalanan pulang....kita pikirkan nanti ya anak-anak....
Yang terpenting adalah kalian bisa menikmati alam, belajar, dan bermain dengan alam sampai tuntas.


Dalam rangka mendukung pendidikan, kami sengaja mengangkat alam sebagai media untuk memfasilitasi anak-anak kami belajar dan menyikapi hidup. Di tengah teknologi yang semakin maju dan berkembang, kami yakin alam mampu memberikan pendidikan karakter yang tidak kalah dengan teknologi. Tujuan kami adalah apabila pendidikan karakter sudah terbentuk, maka untuk menghadapi teknologi ini in sya allah anak-anak bisa lebih siap. Kita doakan saja yang terbaik, aamiin.
Kami yakin dengan menumbuhkan sikap cinta alam, anak-anak diharapkan bisa lebih mengendalikan emosi sehingga terbentuk pribadi yang bijak. Bijak dalam segala hal kehidupan. Allahuma Aamiin...

Peran orang tua dalam pendidikan anak memang sangat besar. Sehingga diharapkan mampu menjadi pendukung dan fasilitator pendidikan. Walau harus melalui jalan dan proses yang membutuhkan perjuangan sekalipun. Jadilah orang tua tangguh. Jadilah orang tua hebat.
Karena tanpa dukungan penuh dari orang tua, anak-anak tidak akan sanggup menapaki era kekinian ini. Karena dukungan orang tua merupakan arah yang akan menuntun anak-anak menuju keberhasilan meraih kesuksesan hati dan jiwa. Yaa kesuksesan membentuk pribadi yang berkarakter luhur. Pribadi yang berakhlak mulia.
Maka dari itu ayah...ibu...marilah kita sama-sama membimbing dan membersamai anak-anak kita dengan arah yang positif, agar terbentuk anak-anak yang shaleh dan shaleha.
In sya allah....

#sahabatkeluarga






0 comments:

Posting Komentar