Jumat, 01 Mei 2015

Tips Si Kecil Karotenemia Agar Cepat Hilang "Kuningnya"

Lo mbak kok Ammar tangannya kuning....abis mainan kunyit pow??

Begitulah awal mulanya ketika Ammar suatu hari sedang main dengan anak tetanggaku. Aku malah gak menyadarinya, karena kulit Ammar agak putih jadi aku gak begitu ngeh.

Kebetulan waktu itu hampir mendekati jadwal imunisasi campak. Pas imunisasi, aku tanyakan sekalian sama bidan tentang kuningnya tangan Ammar itu kenapa?

Setelah diperiksa, bidan langsung bilang begini...."Ini sih karotenemia mbak....njenengan pasti kebanyakan kasih wortel....gak apa-apa matanya jernih kok".

Hehehe bu bidan betul banget. Emang sih aku terlalu antusias kasih wortel disetiap kali aku buat bubur untuk Ammar. Kadang bikin puree atau jus wortel juga. Akibatnya hidung, telapak kaki, dan telapak tangan Ammar tampak kuning, seperti abis pegang kunyit....

Awalnya aku agak khawatir juga....tapi bidan bilang katanya enggak usah khawatir, bisa disembuhkan kok. Aku juga googling sana sini tentang si karotenemia ini. Over dosis wortel, tapi in sya allah enggak berbahaya. Hanya saja pigmen warna kulit jadi berubah drastis. Kalau segera diatasi, 2-6 minggu kulit bisa kembali ke warna asli. Banyak balita yang mengalami karotenemia, karena kebanyakan emaknya hobi masukin wortel ke maeman si kecil, like me hihihi... Saking antusianya si kecil jadi kuning deh hehe

Karotenemia terjadi karena wortel yang mengandung betakaroten cukup tinggi, terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh. Sehingga menimbulkan penumpukan di lapisan kulit, so pigmen warna kulit jadi berubah drastis. Biasanya disekitar hidung, telapak tangan, dan telapak kaki, menjadi berwarna kuning.

Don't worry Bun.... Waktu Ammarku karotenemia, aku pake tips ini, Alhamdulillah gak nyampe 3 minggu kuningnya sudah hilang.


  1. Stop wortel dulu ya....

  2. Sebagai penggati posisi wortel, aku pake buah bit, atau labu siam....yang sama-sama memiliki rasa manis

  3. Agar betakaroten tetap terpenuhi, aku pake labu kuning dan sayuran hijau, yang sama-sama mengandung betakaroten tapi gak seheboh wortel

  4. Tapi....tetap dijaga pula konsumsi labu kuning(sayuran berwarna kuning) dan sayuran hijau. Jangan terlalu berlebihan. Dalam sehari biasanya aku kasih ke Ammar hanya di waktu maem siangnya

  5. Kalau kuningnya sudah menghilang, tetap atur pola maemnya, agar kulit si kecil enggak kuning lagi.... Caranya bisa dengan gonta ganti menu maem


Mungkin Bunda ada yang punya pengalaman sepertiku......mudah-mudahan bisa bermanfaat ya Bun....

0 comments:

Posting Komentar