Senin, 12 Maret 2018

Dunia Anak Islam #Hikmah Tadabur Alam


Alam memang wahana belajar yang sangat luar biasa untuk anak-anak.
Dengan alam anak-anak bisa mengenal banyak hal.
Dengan alam anak-anak bisa berimajinasi secara positif.
Alam...yaa sesuatu yang tidak membosankan untuk kita bahas.

Tadabur alam adalah salah satu cara agar anak selalu dekat dan dekat dengan alam.
Banyak hikmah dibalik bertadabur dengan alam, terutama untuk anak-anak.


MELATIH MOTORIK, terutama motorik kasar. Masa pertumbuhan adalah masa yang sangat membutuhkan stimulasi. Dengan tadabur alam diharapkan dapat memberikan stimulasi untuk melatih motorik kasar anak-anak. Melompat, berlari, dll, bisa dilakukan ketika anak-anak bertadabur alam. Asyik dan menyenangkan.

Anak-anak jadi LEBIH MANDIRI. Ketika tadabur alam biarkan anak-anak menyatu dengan alam. Hal ini bisa melatih kemandirian anak. Sehingga diharapkan anak-anak jadi tumbuh sebagai pribadi yang tidak tergantung dengan orang lain.

Ketika bertadabur alam ajaklah anggota keluarga lain atau teman-teman. Sehingga akan tumbuh SEMANGAT BEKERJASAMA dengan yang lain. Alam memang mampu menyatukan makhluknya. Kalau anak-anak kita biarkan bermain di alam dengan yang lain secara tidak sadar rasa saling menghormati dan menghargai akan muncul sehingga terpupuk semangat bekerjasama satu sama lain. Alam memang sejenak menyingkirkan ego anak-anak. Alam betul-betul mampu memberikan aura positif pada anak.



Dengan tadabur alam diharapkan pula tumbuh jiwa KREATIF anak.
Alam selalu mengajak anak-anak untuk bebas berkreasi. Alam tidak membatasi ruang gerak mereka. Sehingga anak-anak yang dekat dengan alam cenderung memiliki tingkat kreatifitas yang bagus.

Ketika anak-anak menyatu dengan alam, akan MENUMBUHKAN KASIH SAYANG baik itu dengan sesama maupun dengan makhluk hidup lain yang terdapat disekitarnya.

Tadabur alam selain dapat LEBIH AKRAB DENGAN ALAM, yang sangat pasti anak jadi LEBIH DEKAT DENGAN TUHAN. Senantiasa jadi PRIBADI YANG SHALEH DAN SHALEHA
yang PANDAI BERSYUKUR dan MENYAYANGI SESAMA.
Subhanallah. Sangat banyak hikmah ketika kita menyatukan anak-anak dan alam.





0 comments:

Posting Komentar